shade

Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Pengadilan Agama Bengkalis pada hari Senin tanggal 2 Oktober 2017 menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Oktober. Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di empat lingkungan peradilan ini sesuai instruksi dari Sekretaris Mahkamah Agung pada Surat Nomor 882/SEK/HM.01.2/09/2017 perihal penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017. Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2017 di Pengadilan Agama Bengkalis dilaksanakan sesuai dengan Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2017 dari Menteri Sekretaris Negara dengan surat nomor B-908/M.Sesneg/Set/TU.00.04/09/2017 selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-Hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Orgasnisasi Internasional.

(Inspektur Upacara Memimpin Pembacaan Teks Pancasila)

(Penghormatan Umum Kepada Inspektur Upacara)

Bertempat di Halaman Gedung Pengadilan Agama Bengkalis, upacara yang bertemakan “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Adil dan Makmur” ini berlangsung dengan sederhana, khidmat dan tertib. Ditengah cuaca yang redup dan sedikit gerimis, tepat pukul 08.00 WIB seluruh Pejabat dan Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis telah berbaris rapi tanda upacara siap di mulai. Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Khoiriyah Roihan, S.Ag., selaku Inspektur Upcara memasuki lapangan upacara dan dilanjutkan dengan penghormatan umum yang dipimpin oleh Komandan Upacara. Upacara berlanjut dengan laporan dari Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara bahwa Upacara siap dimulai, dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara untuk mengenang jasa para pahlawan revolusi yang telah gugur dalam mempertahankan ideologi negara yakni Pancasila yang sakti.

(Pembacaan Naskah Ikrar Oleh Inspektur Upacara)

 

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila berlanjut dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara diikuti oleh seluruh peserta upacara, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Undang-undang Dasar 1945. Khidmatnya Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Pengadilan Agama Bengkalis semakin terasa dengan dibacakannya Naskah Ikrar. Kemudian Panmud Gugatan PA. Bengkalis, Helmi Cendra, S.Ag., M.H., memimpin do’a memohon kepada Allah SWT agar bangsa Indonesia tetap terjaga keutuhannya dengan dinaungi oleh Pancasila sebagai ideologi negara yang tak akan tergantikan sampai kapanpun. Upacara diakhiri dengan menyanyikan lagu Andhika Bayangkari. Selanjutnya komandan upacara melaporkan kepada inspektur upacara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan dan pasukan dibubarkan.

 

  ***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***

A- A A+

Alih Bahasa

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1