Jadwal Sidang PA. Bengkalis

Sebagai perwujudan dan pelaksanaan Keterbukaan Informasi Publik dan mendukung pelayanan, Pengadilan Agama Bengkalis menyediakan Jadwal Sidang yang dapat diakses secara Online. Jadwal Sidang ini bisa diakses dimanapun oleh pihak-pihak yang berperkara secara realtime dan update.

Jadwal Sidang

SIPP PA. Bengkalis

TypographySistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) mengandung informasi-informasi mengenai perkara-perkara yang diterima berikut prosesnya yang ditangani oleh Pengadilan Agama Bengkalis. Disamping itu Aplikasi SIPP ini juga dapat menghasilkan beberapa laporan terkait Perkara dan Laporan Kegiatan Hakim.

Lebih Lanjut

Informasi Publik  PA. Bengkalis

Keterbukaan informasi yang efektif dan efisien merupakan bagian dari komitmen Mahkamah Agung dalam rangka reformasi birokrasi, bahkan Mahkamah Agung telah lebih dahulu merealiasikan jauh sebelum Undang undang Keterbukaan Informasi Publik, sebagaimana dituangkan dalam Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor : 144/KMA/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan.

Lebih Lanjut

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kultum Ramadhan di Pengadilan Agama Bengkalis

4 Unsur Surat Al-Baqarah : 183

Diterbitkan pada Kamis, 01 Junii 2017

Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Bengkalis - Selasa (30/05/2017) bertepatan dengan 4 Ramadhan 1438 H, seluruh pegawai Pengadilan Agama Bengkalis melakukan aktifitas sebagaimana biasanya. Bulan Ramadhan tidak mengurangi semangat kerja dan prokdutifitas kinerja pegawai Pengadilan Agama Bengkalis. Khusus bulan Ramadhan yang waktu kerjanya telah ditetapkan oleh KEMENPAN-RB, bahwa waktu istirahat dari pukul 12.00 s/d 12.30 WIB Pengadilan Agama Bengkalis telah berkomitmen untuk mengisi waktu istirahat yang sebentar tersebut dengan kegiatan ibadah yakni sholat zuhur berjamaah dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit (kultum).

(Gambar : Wakil Ketua PA. Bengkalis Menyampaikan Tausiyah Ba’da Zuhur Berjamaah)

Pukul 12.13 adzan zuhur berkumandang, seluruh pegawai Pengadilan Agama Bengkalis bersegera menuju ke Mushalla Darul Ikhsan Pengadilan Agama Bengkalis untuk menunaikan kewajiban sebagai seorang muslim. Dengan dipimpin oleh imam Drs. Zulkifli, S.H., M.H., Panitera Pengadilan Agama Bengkalis, seluruh pegawai Pengadilan Agama Bengkalis sholat zuhur berjamaah.

Setelah selesai zuhur berjamaah seluruh jamaah langsung membentuk barisan melingkar untuk mendengarkan santapan rohani ramadhan dalam kegiatan kultum yang pada tanggal 4 Ramadhan 1438 H ini disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Bengkalis, Khoiriyah Roihan, S.Ag., M.H. Dalam kultumnya Ibu Wakil Ketua menyampaikan 4 unsur yang terkandung di dalam surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyi :

Yang artinya : Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

 Adapun 4 unsur yang dimaksud adalah :

-       Allah menyerukan kepada orang-orang beriman, tidak sekedar muslim. Karena dengan status muslim saja belum tentulah termasuk orang yang beriman.

-       Allah mewajibkan puasa kepada orang-orang yang beriman tersebut. Begitu istimewanya puasa yang merupakan ibadah fisik dan hati sehingga Allah hanya menyerukan kewajiban puasa kepada orang-orang yang beriman.

-       Puasa bukanlah merupakan ibadah yang baru, karena sebelum umat nabi Muhammad, S.A.W ternyata umat nabi terdahulu juga sudah mengenal ibadah puasa.

-    Hasil akhir yang diperoleh dengan ibadah puasa adalah tercapainya predikat takwa. .

(Foto : Suasana kultum ba’da zuhur yang disampaikan oleh Wakil Ketua PA. Bengkalis)

Diakhir kultumnya, Ibu Waka juga menyampaikan resep khusus untuk menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan ini. “Jamu Jati Kendi” begitulah nama resep yang beliau berikan. Beliau kemudian menjabarkan apa itu Jamu Jati Kendi. “Jamu” adalah singkatan dari jaga mulut, jagalah mulut dari segala perbuatan yang mengurangi pahala bahkan membatalkan puasa. “Jati” adalah singkatan dari Jaga Hati, jaga pula hati dari segala sesuatu yang bisa membuat ibadah puasa kita menjadi sia-sia. Dan yang terakhir “kendi” adalah singkatan dari kendalikan diri, karena dengan pengendalian diri insyaallah kita bisa mencegah diri kita untuk tidak berbuat sesuatu yang dilarang oleh Allah S.W.T yang berkibat pada hilangnya pahala puasa kita.

 

 ***(Tim Redaksi PA Bengkalis)*** 

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 di Pengadilan Agama Bengkalis 1
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 di Pengadilan Agama Bengkalis 2
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 di Pengadilan Agama Bengkalis 3.
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2017 di Pengadilan Agama Bengkalis 3
Kultum Ramadhan di Pengadilan Agama Bengkalis
Pemilihan Role Model Pengadilan Agama Bengkalis 2017
Pegawai PA Bengkalis ikuti Sosialisai SIKEP di PTA Pekanbaru
Arisan Keluarga Besar PA Bengkalis di Rumah Dinas Ketua PA Bengkalis
PA Bengkalis Menerima Mahasiswa Magang tahun 2017
Apel Awal Tahun 2017.
Apel Awal Tahun 2017
Pelantikan Waka PA Bengkalis (Ibu Khoiriyah Roihan, S.Ag.,M.H)
Foto Bersama Usai Pelantikan dan Pisah Sambut Waka PA Bengkalis (Ibu Khoiriyah Roihan, S.Ag.,M.H) dengan (Drs. Zainal Aripin, SH.,M.Hum)
Pembacaan Pakta Integritas PA Bengkalis 2017
Pembacaan Pakta Integritas PA Bengkalis
Sosialisai SIPP 1
Sosialisai SIPP 2
Sosialisai SIPP 3
Sosialisai SIPP 4
Sosialisai SIPP 5
Sosialisai SIPP 6
Sosialisai SIPP 7
Sosialisai SIPP 8