shade

Prosedur Berperkara Peninjauan Kembali (PK)

 

  1. Pemohon mengajukan Permohonan Peninjauan Kembali ke Mahkamah Agung RI secara tertulis atau lisan melalui Pengadilan Agama.

  2. Pengajuan Peninjauan Kembali  dilakukan dalam tenggang waktu 180 hari sesudah Penetapan/Putusan Pengadilan mempunyai kekuatan hukum tetap atau sejak diketemukan bukti adanya kebohongan/bukti baru. Apabila alasan Peninjauan Kembali berdasarkan adanya bukti baru (Novom), maka bukti baru tersebut harus dinyatakan di bawah sumpah dan disahkan oleh Pejabat yang berwenang.

  3. Pemohon membayar biaya Peninjauan Kembali, dan biaya Peninjauan Kembali untuk Mahkamah Agung dikirim oleh Bendaharawan Penerima melalui Bank.

  4. Panitera Pengadilan Tingkat Pertama memberitahukan permohonan  Peninjauan Kembali kepada pihak lawan dan menyampaikan salinan permohonan Peninjauan Kembali beserta alasan-alasan dalam tenggang waktu selambat-lambatnya 14 hari.

  5. Pihak lawan  mengajukan jawaban terhadap alasan Peninjauan Kembali dalam tenggang waktu 30 hari setelah tanggal diterimanya alasan Permohonan Peninjauan Kembali.

  6. Panitera Pengadilan Tingkat Pertama mengirimkan berkas Peninjauan Kembali ke Mahkamah Agung dalam bentuk bundel A dan bundel B selambat-lambatnya 30 hari setelah diterimanya jawaban.

  7. Panitera Mahkamah Agung, menyampaikan salinan Putusan  Mahkamah Agung kepada Pengadilan Agama, dan Ketua Pengadilan Agama membaca putusan Peninjauan Kembali tersebut sebelum diserahkan kepada para pihak.

Umum & Kepegawaian

  • Beranda
  • Agenda Pimpinan
  • Kontak Kami
  • Daftar Penelitian
  • Pedoman Organisasi
  • DUK & Bezzeting
  • Statistik Pegawai
  • Kumpulan SK Ketua PA Bengkalis
  • Prosedur Standar / SOP
  • Standar dan Maklumat Pelayanan Pengadilan

Info & Pengaduan

  • Tata Cara Memperoleh Pelayanan Informasi
  • Hak-hak Pemohon Informasi
  • Biaya Salinan Informasi
  • Jangka Waktu Penyelesaian Pelayanan Informasi
  • Laporan Meja Informasi
  • Tata Cara Mengajukan Keberatan Dan Penanganan Keberatan Terhadap Pelayanan Informasi
  • Nomor Kontak Pelayanan Informasi
  • Produk Pelayanan
  • Prosedur Pengaduan
  • Hak-Hak Pelapor/Terlapor
  • Statistik Pengaduan
  • Formulir Pengaduan dan Permohonan Informasi

Pengawasan/ Disiplin

A- A A+

Alih Bahasa

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1