shade

Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Berdasarkan surat dari Sekretaris Mahamah Agung RI Nomor :939/SEK/HM.01.2/10/2017 tanggal 25 Oktober 2017 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017 yang menginstruksikan kepada empat lingkungan peradilan untuk menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di instansi masing-masing, maka pada hari Jum’at tanggal 27 Oktober 2017 Pengadilan Agama Bengkalis menggelar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017 di Pengadilan Agama Bengkalis. Adapun instruksi dari Sekretaris Mahkamah Agung RI tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran dari Menteri Pemuda dan Olahraga RI Nomor : 10.13.1/MENPORA/DII/X/2017 tanggal 13 oktober 2017 tentang Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89 Tahun 2017.

 (Gambar : Pengibaran Bendera Merah Putih)

Bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Agama Bengkalis, upacara ini dihadiri oleh seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis. Upacara dilaksanakan tepat pukul 08.00 WIB dengan dipimpin oleh M. Zubair, SE.Sy., Pegawai Kontrak PA Bengkalis selaku pemimpin upacara. Setelah pemimpin upacara mengambil alih komando barisan, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Drs. M. Taufik, M.H., selaku pembina upacara memasuki lapangan upacara seraya barisan disiapkan. Pimpinan upacara kemudian memimpin penghormatan umum kepada pembina upacara dilanjutkan dengan laporan bahwa upacara siap dimulai.

Upacara peringatan hari sumpah pemuda ke 89 dilanjutkan dengan pengibaran bendera merah putih oleh pegawai kontrak Pengadilan Agama Bengkalis yang terdiri dari pramubakti Syahrani, S.E.Sy., dan Fitrayana, S.E.Sy., dan security Surya Iskandar. Ayunan tangan dan derap langkah kaki ketiganya terlihat serentak dan menyatu laksana kobaran api semangat pemuda-pemuda Indonesia 89 tahun yang lalu. Setelah selesai pengibaran bendera merah putih yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya, pembina upacara memimpin mengheningkan cipta untuk mengenang para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia dan dilanjutkan dengan pembacaan teks pancasila oleh pembina upacara yang diikuti oleh seluruh peserta upacara.

(Gambar : Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Membacakan Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga RI)

Peringatan hari sumpah pemuda ke 89 di Pengadilan Agama Bengkalis terus berlanjut dengan pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 oleh Panitera Pengganti Pengadilan Agama Bengkalis Sudarmono, S.Hi., M.H., dan pembacaan Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh Ilham Maulana, S.E., pegawai kontrak Pengadilan Agama Bengkalis. Kemudian upacara dilanjutkan dengan pembacaan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga RI oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkalis selaku pembina upacara. Upacara diakhiri dengan do’a yang dipimpin oleh Nazori, S.Hi., pegawai kontrak Pengadilan Agama Bengkalis. Setelah selesai pembacaan do’a, pemimpin upacara melaporkan kepada pembina upacara bahwa upacara telah selesai dilaksanakan kemudian dilanjutkan dengan penghormatan umum kepada pembina upacara. Setelah upacara selesai seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Bengkalis berfoto bersama untuk mengabadikan momen peringatan hari sumpah pemuda ke 89 di Pengadilan Agama Bengkalis.

 

  ***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***

A- A A+

Alih Bahasa

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1