shade

Bengkalis||www.pa-bengkalis.go.id

Ramadhan 1439 H yang bertepatan dengan bulan Mei-Juni 2018 M merupakan Ramadhan yang tak terlupakan bagi seluruh Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis. Banyak sekali momen-momen penting dan berharga yang terjadi pada edisi Ramadhan kali ini. Tidak seperti pada bulan Ramadhan sebelumnya yang relatif lebih santai, pada Ramadhan 1439 H seluruh pegawai Pengadilan Agama Bengkalis dari awal Ramadhan bahkan jauh hari sebelumnya tepatnya bulan Januari 2018 sudah berjibaku menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut Standar Akreditasi Penjaminan Mutu (SAPM) 2018. Motivasi untuk mendapatkan predikat A excelent membuat Ramadhan bukanlah sebagai penghalang untuk bekerja keras dalam menyiapkan segala sesuatunya menyonsong SAPM yang telah di depan mata, dari pagi hingga sore bahkan malam hari ba’da tarawih menjelang sahur dihabiskan di Kantor Pengadilan Agama Bengkalis. Hingga datanglah saat yang dinantikan yakni ketibaan Tim Assesor Ekternal pada tanggal 21 Mei 2018, disinilah kesiapan Pengadilan Agama Bengkalis diuji dalam menerapkan SAPM yang ditetapkan oleh Mahkamah Agung Republik Indonesia. Kerja keras selama ini akan dibuktikan hasilnya oleh Tim Assesor Eksternal hingga closing meeting pada tanggal  24 Mei 2018.

Walau disibukkan dengan persiapan SAPM dan rutinitas kerja harian lainnya, tak membuat nilai-nilai bulan Ramadhan terabaikan begitu saja. Terdapat agenda-agenda islami yang dilaksanakan spesial bulan Ramadhan ini, diantaranya mengkhatamkan alquran bersama, shalat zhuhur berjamaah dan tausiyah ba’da zhuhur. Kegiatan-kegiatan islami tersebut merupakan rangkaian kegiatan yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya di Pengadilan Agama Bengkalis. Agenda mengkhatamkan Al-Quran bersama-sama merupakan program membaca Al-Quran bersama oleh seluruh pegawai Pengadilan Agama Bengkalis dan akan khatam bersama pada acara buka bersama keluarga besar Pengadilan Agama Bengkalis.

Adapun kegiatan sholat zhuhur berjamaah dilaksanakan setiap hari Senin hingga Kamis dengan petugas imam dan muadzin yang telah dijadwalkan dilanjutkan dengan kegiatan tausiyah oleh petugas yang telah ditetapkan. Adapun tujuan kegiatan tersebut selain menambah wawasan tentang Islam juga sebagai ajang melatih public speaking Pegawai Pengadilan Agama Bengkalis karena selain pemateri tausiyah, dijadwalkan pula pembawa acara dari kalangan Cakim dan Pegawai Kontrak Pengadilan Agama Bengkalis. Jadwal tausiyah dimulai oleh Ketua Pengadilan Agama Bengkalis pada tanggal 1 Ramadhan 1439 H. Selanjutnya Pengadilan Agama Bengkalis mendapat kehormatan karena pada tanggal 5 Ramadhan Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama pekanbaru Drs. H. Busra, S.H., M.H. mengisi tausiyah ba’da zhuhur berjamaah dan pada tanggal 6 Ramadhan Panitera  Pengadilan Tinggi Agama pekanbaru Drs. H. Syamsikar. Demikianlah rangkuman kegiatan di bulan Ramadhan pada Pengadilan Agama Bengkalis, terbukti di Pengadilan Agama Bengkalis bulan Ramadhan tidak menjadi alasan untuk malas-malasan dan menurunnya kualitas kinerja bahkan bulan Ramadhan membuat pegawai Pengadilan Agama Bengkalis semakin semangat dan totalitas dalam bekerja karena ada tambahan berkah dan pahala tambahan dari sang khalik bagi yang ikhlas bekerja di bulan suci ini.

 

 

 ***(Tim Redaksi PA Bengkalis)***

A- A A+

Alih Bahasa

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1